Oleh Oleh Khas Makassar


Oleh-oleh khas Makassar sering kali menjadi incaran oleh para wisatawan yang hadir ke Makassar. Ini ialah kesenangan tersendiri apabila kita membawakan buah tangan kepada mitra dan keluarga kita. Apalagi jikalau kita membawa buah tangan khas makassar yang tidak pernah di sanggup di tempat lain, itu menjadi pengalaman tersendiri yang mungkin akan selalu dikenal oleh kawan-kawan kita.

Di Makassar begitu banyak buah tangan yang sanggup didapatkan. Pokoknya oleh-olehnya begitu khas yang spesialuntuk sanggup didapatkan di Makassar dan akan menjadi kenangan tersendiri. Di Makassar ada tempat yang khusus untuk mendapat buah tangan yang mana di lokasi tersebut berjejeran toko buah tangan di sepanjang jalan. Jalan itu biasa di kenal dengan Jalan Somba Opu. Silahkan aja jalan-jalan di sana maka anda akan mendapat segala jenis buah tangan yang sanggup dibawah pulang.
 
 sering kali menjadi incaran oleh para wisatawan yang hadir ke Makassar Oleh Oleh Khas Makassar

Oleh-oleh sangat bervariasi berupa makanan khas, souvenir dan pakaian khas Makassar. Kalau makanan khas kebanyakan makanan berair jadi tidak sanggup di bawah pulang. Kalau makanan khas saya bagi menjadi dua yaitu sebagai diberikut :

Makanan Basah Khas Makassar
  1. Coto, tidak lengkap rasanya jikalau anda merasakan makanan ini, makanan di buat dari daging sapi yang diiris-iris beserta jeroannya ditambah dengan bumbu tradisional khas yang diracik secara khusus. Makan coto selalu sama dengan ketupatnya.
  2. Pallu Basa , makanan ini hampir sama dengan coto yang dibentuk dari daging sapi, yang membedakannya cuma pada bumbunya yang diracik khusus dan pasangannya berupa nasi putih.
  3. Mie Titi, mie yang khas yang di goring kering yang disiram dengan kuah kental beserta cabikan daging ayam dan sayuran.
  4. Pisang Ijo, pisang ini dibungkus dengan campuran tepung yang berwarna hijau dari pewarna daun pandan atau daun suji, ditambah kuahnya es-nya khas.
  5. Pisang Epe, pisang setengah matang yang dibakar kemudian disiram dengan saos yang bervariasi berupa saus coklat, gula dan durian. Pisang ini ialah jajanan kesukaan di sepanjang pantai losari yang dijajakan oleh pedagang kaki lima.
Makanan Kering Khas Makassar
  1. Otak-Otak, makanan ini terbuat dari ikan trenggili yang sudah direbus dan dipanggang yang terbungkus daun pisang.
  2. Putu Kacang, makanan tradisional ini dibentuk dari kacang hjau dan gula pilihan
  3. Baruasa, tidakboleh lupa bawa pulang yang ini. Makanan ini terbuat dari kelapa parut yang sudah dikeringkan serta tepung beras dan gula
  4. Jalangkote, penampakan makanan gorengan ini hampir sama dengan makanan ringan elok pastel tetapi isinya tidak sama serta cita rasanya khas.
Masih banyak buah tangan khas Makassar yang sanggup dibawah pulang tapi saya rekomendasikan semoga makanan berair yang diatas tidak usah dibawah pulang sebagai buah tangan alasannya yaitu ketahanan makanan Cuma sebentar dan tidak sanggup berhari-hari. Klau ingin membawa buah tangan silahkan makanan kering aja alasannya yaitu sanggup bertahan usang serta souvenir dan produk khas Makassar.

Souvenir dan produk yang sanggup dibawah pulang sebagai diberikut :
    1. Kain Tenun Bugis, ini yaitu kain sutera khas tempat Sengkang
    2. Replika Perahu Phinisi , siapa yang tidak kenal dengan bahtera ini yang sudah menjelajahi banyak Negara pada zaman lampau
    3. Replika Rumah Toraja
    4. Kopi Toraja yaitu kopi yang sangat khas dan memiliki cita rasa tersendiri.
    5. Songkok ( Topi khas warisan kerajaan Bone )
    6. Markisa, semacam minuman juice yang diolah dari buah markisa.
    7. Minyak Tawon, ini minyak gosok yang paling banyak khasiat yang spesialuntuk diproduksi di Makassar
Dan masih banyak lagi yang tidak sanggup saya sebutkan semoga tidak terlalu panjang ceritanya.

Sekian, silahkan menjelajahi Jalan Somba Opu, Jangan lupa bawah buah tangan khas Makassar untuk kawan-kawan dan keluarga anda. Kalau mau belanja online oleh oleh khas makassar sanggup disini oleholehkhasmakassar.com
close