Pengertian Sterilisasi



Sterilisasi yaitu proses yang dilakukan untuk mencapai keadaan steril. Secara umum sterilisasi sanggup dilakukan dengan beberapa metode yaitu sterilisasi gerah kering, basah, penyaenteng, kimiawi dan sebagainya. Pada praktikum ini sterilisasi alat-alat laboratorium yang saya gunakan yaitu : sterilisator basah.
Sterilisasi basah yaitu metode sterilisasi dengan uap air bertekanan. Alat yang dipakai ketika sterilisasi dengan metode ini menggunakan Alat sterilisator basah, ialah salah satu dari sekian banyak alat kedokteran. Alat ini di gunakan sebagai alat pengsteril macam-macam alat pendukung medis lainnya. Alat ini memakai elemen basah, yang terjadi pada proses ini akan memanaskan seluruh kepingan chamber tanpa terkecuali, sesuai dengan settingan suhu yang sudah di tentukan sebelumnya pada ketika proses akan dilangsungkan. Pada ketika suhu settingan tercapai maka air yang merendam elemen pun akan terjadi penguapan alasannya yaitu gerah yang dihasilkan oleh elemen dan pada ketika ini lah proses sterilisasi terjadi. Adapun beberapa hal yang selalu harus di perhatikan dalam penerapan alat ini yaitu :
1.      Chamber harus selalu terisi dengan air.
2.      Pastikan selalu elemen terendam air pada ketika akan dilakukan pengoperasian
3.      Pastikan filter air harus selalu dimembersihkankan pada setiap melaksanakan pengoperasian
4.      Air harus selalu diganti

Sterilisasi yaitu proses yang dilakukan untuk mencapai keadaan steril Pengertian Sterilisasi  

Sterilisasi yaitu proses yang dilakukan untuk mencapai keadaan steril Pengertian Sterilisasi

Keterangan :
Ø  Supply PLN         : tegangan dari jala-jala PLN.
Ø  Elemen                  : komponen alat yang berfungsi sebagai pemanas.
Ø  Settingan waktu    : pengatur waktu.
Ø  Thermostat            : komponen alat yang berfungsi tetapkan tegangan apabila
  suhu maximal sudah tercapai.
Prinsip kerjanya:
Sterilisator lembap disini bekerja dengan memakai elemen yang terendam didalam air kemudian di isi hingga melewati elemen tersebut. melaluiataubersamaini memakai supply PLN maka elemen pada alat ini akan bekerja sebagaimana waktu yang sudah ditentukan, kemudian setelah settingan waktunya tercapai maka thermostat akan memutuskan  suhu atau tegangan pada alat tersebut, dan pada ketika itulah proses sterilisasi . dan pada keadaan proses sterilisasi selesai.

close