Resep Camilan Bagus Putu Cangkiri : Camilan Bagus Khas Makassar

Meskipun ada aneka macam kue khas Makassar yang dikenal di Indonesia, namun setiap menjelang malam dan pagi hari para masyarakat lebih menentukan untuk keluar rumah mencari kudapan bagus putu cangkiri sebagai hidangan sarapan atau jajanan di malam hari. Kue putih cangkiri terbuat dari beras ketan yang dibuat sedemikian rupa sehingga bab bawahnya mirip cangkir apabila posisinya sengaja diletakkan terbalik. Karena dibuat dari beras ketan, kudapan bagus ini cukup mengenyangkan dan memang cocok sekali sebagai pengganjal perut, harganya pun sangat terjangkau. Bila jalan-jalan di kota Makassar, Anda dapat menemukan penjual kudapan bagus tradisional khas Makassar termasuk kudapan bagus putu cangkiri ini. Resep kudapan bagus putu cangkiri ini sangat simpel dan niscaya enak di lidah.

 namun setiap menjelang malam dan pagi hari para masyarakat lebih menentukan untuk keluar rumah me Resep Kue Putu Cangkiri : Kue Khas Makassar
 
Bahan:
Kue khas Makassar yang satu ini mempunyai bentuk yang sangat unik dan dari segi rasa, kita dapat mencicipi rasa gurih dan kenyal dari beras ketannya. Namun dalam resep ini, kita akan memakai dua macam tepung, ialah tepung beras dan tepung ketan.
•    Siapkan 200 gram tepung beras, pilih brand kesukaan Anda
•    Siapkan 200 gram tepung ketan, pilih juga brand kesukaan Anda
•    1 butir kelapa yang diparut memanjang
•    ½ sendok teh vanili
•    2 sdm pasta pandan
•    ½ sdt garam
•    150 gram gula merah yang diparut agresif untuk materi isian
•    Siapkan ½ butir kelapa yang diparut memanjang yang kemudian dicampurkan degan sedikit garam lantas dikukus untuk materi taburan kudapan bagus khas Makassar enak ini.

Teknik Membuat Putu Cangkiri:
Bahan yang diharapkan saja sangat simpel, jadi cara membuat kudapan bagus khas Makassar ini pun sangat simpel dan gampang, Anda yang tidak cerdik bikin kudapan bagus pun dapat menciptakannya dengan cepat.
1.    Campurkanlah tepung beras dengan tepung ketan, garam, vanili, kelapa serta pasta pandan, aduk gabungan tepung hingga tergabung dengan baik.
2.    Sesudah gabungan kudapan bagus khas Makassar siap, Anda dapat menyiapkan cetakan kudapan bagus mangkuknya, pilih cetakan mangkuk yang berdiameter 3 sentimeter.
3.    Letakkan gabungan kudapan bagus khas Makassar ini hingga adonannya mengisi setengah cetakan, lantas komplemen gula merah secukupnya saja, kemudian lapisi gula merah dengan gabungan tepungnya lagi, tekan supaya gabungan menjadi agak padat.
4.    Siapkan kukusan dan gerahkan airnya, tunggu hingga kukusan menjadi gerah dan siap mengukus gabungan kue. Masukkan tiruana gabungan dan kukuslah kurang lebih selama 40 menit atau hingga gabungan kuenya menjadi matang sempurna. Sesudah gabungan matang, angkat dan tunggu hingga menjadi lebih hangat gres keluarkan dari dalam cetakan
5.    Hidangkan kudapan bagus putu cangkiri ini selangi masih hangat dan untuk menyempurnakan penampilan serta rasanya, taburi atasnya dengan taburan kelapa. 

Karena ada aneka macam kudapan bagus khas Makassar mungkin Anda merasa kebingungan untuk menentukan membeli yang mana, namun bila Anda suka makanan enteng yang terbuat dari beras ketan, maka Anda dapat menentukan kudapan bagus putu cangkiri ini yang sudah terperinci rasanya enak dan gurih. Sekilas kudapan bagus putu cangkiri ini tampak mirip kudapan bagus putu ambon ya? Anda yang sudah pernah mencicipi kelezatan dan melihat penampilannya mungkin sudah dapat melihat perbedaan di antara dua kudapan bagus tersebut. Semoga resep kudapan bagus putu cangkiri di atas dapat memmenolong Anda mendapat kudapan yang enak dan sehat, yang bahan-bahannya simpel sekali untuk ditemukan di supermarket atau toko materi kue, selamat mencoba dan biar sukses.
close