Tentang Kopi Toraja Yang Terbaik Di Dunia

Sensari rasa kopi yang kuat, nikmat dan menembus hingga ke pengecap membuat kopi toraja menjadi jawara kopi di Sulawesi. Toraja ialah tempat pepegununganan yang ada di Sulawesi tempat tumbuh dan berkembangnya kopi. Kopi dari Sulawesi ini sanggup menjadi oleh-oleh yang sempurna untuk anggota keluarga dan kawan-kawan akrab yang suka sekali minum kopi terutama variestas kopi Arabica ini. Kopi ini sanggup dinikmati tanpa gula dan jika ditambah dengan gula, rasa kecutnya akan makin terasa. Bersantai di pagi hari di Sulawesi sambil menikmati secangkir kopi akan membuat hari libur Anda menjadi lebih sangat bahagia, alasannya ialah kopi ialah bab dari kebiasaan bahkan gaya hidup yang tidak sanggup dilepaskan begitu saja.



Termasuk Jenis Kopi Arabika
Ada beberapa varietas kopi di dunia, dan salah satu varietas yang paling populer ialah kopi arabika yakni varietas kopi yang mempunyai cita rasa yang unik tidak terkecuali dengan kopi Toraja yang dihasilkan di tempat pepegununganan tinggi di Provinsi Sulawesi. Kopi ini mempunyai cita rasa yang kuat, aroma yang sedap dan ciri multidimensional, warna kopinya coklat tua. Karena produk produksi yang dilakukan menghasilkan kopi yang praktis mengering secara tidak beraturan, dan meskipun demikian, biji yang bentuknya tidak beraturan ini menambah rasanya menjadi lebih tajam.

10 Besar Kopi Terbaik
Sungguh membanggakannya kopi Toraja ini yang masuk dalam nominasi kopi terbaik yang ada di dunia bahkan masuk 10 besar kopi terbaik. Kopi ini sangat familiar di Sulawesi Selatan, alasannya ialah memang dibudidayakan disana. Kopi Toraja masuk ke dalam 10 besar kopi terbaik di dunia dan menempati posisi yang kedua sehabis Columbia yang berada di peringkat pertama. Dari segi aroma dan rasa, kopi ini mendapat peringkat kedua terbaik di dunia, sedangkan dari tata cara mengelola, kita masih kalah saing dan terbatas SDM-nya. Di Toraja Utara, terdapat 2 pabrik kopi yang cukup besar, yaitu PT Sulocto Jaya Abadi serta PT Toarco Jaya. Dari segi evaluasi atau daya jual, kopi arabika jauh lebih baik daripada kopi robusta alasannya ialah kandungan asamnya, aroma dan rasa yang jauh lebih menggugah selera sehingga kopi ini cenderung lebih diminati dari jenis kopi robusta.

Teknik Pembuatan Kopi
Untuk metode pembuatan kopi Toraja, tidak jauh tidak sama dari pembuatan kopi arabika lainnya, kita sanggup menikmati kopi bersama gula atau tanpa gula. Biji kopi harus digiling terlebih lampau dengan memasukkannya dalam penggilingan kopi, gerahkan air dalam teko perak kemudian tuangkan air gerah dari teko di atas alat pembuat kopi yang sebelumnya sudah diisi dengan 10 g debu kopi Toraja. Untuk cara pembuatan kopi dengan metode tetes selanjutnya, sanggup Anda pelajari melalui buku kopi atau pribadi dari barista yang hebat di bidangnya.

Harga Kopi
Kopi Toraja dijual dengan kimasukan harga yang berguakaragam. Itu tergantung dari kualitas kopi yang dimiliki, jika kualitas kopinya sanggup dijaga dengan sangat baik, harga kopi ini sanggup menyentuh angka yang cukup tinggi, namun besarnya harga cukup sebanding dengan cita rasa dan aroma dari kopi ini.

Kopi Toraja ialah salah satu jenis kopi terbaik yang sanggup kita hasilkan, khususnya dihasilkan di Provinsi Sulawesi Selatan. Jika mengingat negara kita mempunyai kopi dengan cita rasa terbaik ini, akan lebih bijaksana jika kita menikmati kopi hasil olahan Indonesia daripada menikmati kopi-kopi dari negara lainnya di kedai kopi.
close