Rumus Prisma Segitiga Lengkap ( Luas Dan Volume )

Rumus prisma segitiga, sesungguhnya sudah pernah admin bagikan artikel yang berjudul rumus matematika sekolah dasar, yang sudah meliputi menganai rumus-rumus dari limas entah rumus limas untuk mencari luas permukaan atau untuk mencari volum dari limas itu sendiri.

Tapi tidak ada salahnya kalau admin mengulasnya tersendiri alasannya ialah memang ada yang menanyakan pada admin terkena apasih rumus limas segitiga itu, nah agar yang sudah bertanya sanggup puas dengan uraian artikel kali ini sehingga paham ihwal rumus limas segitiga.

 sesungguhnya sudah pernah admin bagikan artikel yang berjudul  Rumus Prisma segitiga Lengkap ( Luas dan Volume )

Lihat gambar prisma disamping, Kenapa disebut dengan prisma segitiga ? ya alasannya ialah bantalan dari berdiri prisma tersebut berbentuk segitiga kalau sebuah prisma dengan bantalan bundar maka disebut dengan tabung. lihat : rumus mencari luas permukaan tabung



Prisma segitiga terdiri dari alas, tutup, dan selimut ( selubung ) maka untuk mencari rumus luas permukaan prisma segitiga kita harus menjumlahkan tiruana luasnya, luas bantalan + luas tutup + luas selimut.


Luas bantalan dan luas tutup prisma akan selalu sama besar maka sanggup kita sederhanakan menjadi 2 x luas segitiga ditambah luas selubung dari prisma tersebut

Rumus luas permukaan prisma segitiga

L = (2 x luas alas) + luas selubung
Untuk luas bantalan dan juga selubung tersebut itu bergantung pada berbentuk prisma apa yang dicari luas permukaannya. Misalnya karna kali ini kita akan mengulas prisma segitiga, kalau yang di cari adalah  prisma segitiga tentu saja prisma tersebut mempunyai 2 buah sisi bantalan yang berbentuk segitiga dan juga 3 sisi tegaknya yang akan membentuk persegi panjang sebagai selubung dari prisma.

L = (2 x luas segitiga) + luas selubung (selimut prisma)

Rumus volume prisma segitiga

secara global rumus volum prisma V = Luas bantalan x tinggi prisma, kalau bantalan dari prisma tersebut persegi maka luas alasnya dicari dengan panjang x lebar, tidak sama kalau bantalan daari prisma tersebut segitiga maka mencari luas alasnya 1/2 x bantalan x tinggi tinggal menyesuaikan prisma apa yang kita cari. secara lengkap maka rumus volum prisma segitiga sanggup kita tulis menjadi :

V = (1/2 x bantalan segitiga x tinggi segitiga) x tinggi prisma

Nah demikian pembahasan terkena rumus prisma segitiga agar sanggup memmenolong adik-adik memahami mengai rumus dari berdiri ruang tersebut, selamat belajar
close