Tips Biar Terhindar Dari Penipuan Online

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online – Kegampangan bertransaksi via online memang ialah salah satu faktor yang menyebabkan bisnis online untuk dikala ini kian pesat dan mempunyai prospek yang menjanjikan. Namun dibalik bisnis online yang mempunyai prospek yang anggun ini juga mempunyai sisi lain yang mana dapat menjadi salah satu modus penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawaban. Maka dari itu, seyogyanya anda mesti hati – hati dalam bertransaksi via online. 

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengantisipasi penipuan dari orang – orang yang tidak bertanggung jawaban. Mulai dari memastikan identitas si penjual, hingga melaksanakan transaksi cash on delivery dapat anda lakukan untuk mengantisipasi semoga nantinya anda dapat nyaman berbelanja via online. Tentunya masih banyak cara lainnya yang dapat anda gunakan semoga terhindar dari penipuan online, yang akan diulas diberikut ini.  

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online
credit image : pixabay.com
Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online

1.    Pastikan Reputasi Penjual melaluiataubersamaini Baik
Selain menentukan produk, membeli barang secara online tentu juga mesti melihat bagaimana reputasi dan sepak terjang si penjual di dunia internet marketing. Anda dapat cross check akun media sosialnya, kalau anda membeli via media sosial, atau juga dapat melihat testimony yang diposting oleh si penjual. Biasanya penjual online yang mempunyai reputasi yang baik yaitu mereka yang mempunyai banyak testimony orisinil dari para pembeli. Dan juga kontak person yang didiberikan pun terang dan simpel untuk dihubungi.

2.    Menggunakan Rekening Bersama Jauh Lebih Baik
Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, anda dapat mencari penjual online yang memakai rekening bersama sebagai salah satu media bertransaksi. Penjual online yang menggunaka rekening bersama tentu sudah terbukti jujur, alasannya yaitu rekening bersama ini yaitu salah satu faslitas yang diadakan oleh sebuah mediator yang mana uang yang anda transfer akan dicairkan kepada si penjual, kalau barangnya sudah hingga ke tangan anda. 

3.    Cash On Delivery
Hal yang selanjutnya dapat anda lakukan untuk menghindari penipuan yaitu dengan bertransaksi via COD. Makara antara pembeli dan juga penjual dapat saling bertemu untuk melaksanakan transaksi. Tentu saja transaksi memakai sistem ini, anda akan terhindar dari penipuan secara online, dan dapat mengetahui secara rinci identitas si penjual. 

4.    Minta Resi Pengiriman
Jika anda sudah bertransaksi dan mentransfer uang, maka hal yang mesti anda lakukan yaitu meminta nomer resi pengiriman barang. Ini ialah hal yang penting, nantinya barang anda akan simpel dilacak keberadaanya. Dan nomer resi inilah yang akan memastikan apakah barang yang anda beli benar dikirim atau tidak. 

5.    Jangan cepatdangampang Tergiur melaluiataubersamaini Harga Yang Murah

Sebagai seorang pembeli, tentu yang dicari yaitu membeli dengan barang yang murah namun berkarakter bagus. Ini memang lumrah diinginkan oleh setiap orang. Namun anda juga mesti curiga, kalau ada sebuah online shop memperlihatkan harga atau kepingan harga yang tidak masuk akal atau sangat murah. Potensi penipuan sangat besar adanya kalau anda percaya dan ingin membelinya. Walaupun bukan penipuan, dapat jadi anda membeli barang yang statusnya illegal di mata hukum.

Itulah beberapa tips semoga terhindar dari penipuan online. Tentu saja anda mesti teliti dan waspada setiap bertransaksi dengan cara online semoga nantinya anda tidak dirugikan dari agresi para penipu online, yang dikala ini banyak berkeliaran di dunia maya. Semoga bermanfaa.
close