Contoh Seruan Formal

Dalam kehidupan anda sehari-hati, bukan hal yang mengherankan rasanya kalau anda mendapatkan permintaan pada program tertentu.Undangan tersebut sanggup dalam bentuk formal maupun tidak formal. Undangan formal diperlukan kalau program yang akan dihadiri ialah program yang formal dan berkaitan dengan forum atau instansi tertentu. Oleh alasannya yakni itu, anda sebaiknya mengetahui beberapa contoh permintaan formal supaya saat nanti anda membutuhkannya anda tidak perlu lagi merasa kesusahan dalam menciptakannya.

 bukan hal yang mengherankan rasanya kalau anda mendapatkan permintaan pada program tertentu misal Undangan Formal

Karena suratundangan formal ialah salah satu jenis dari surat resmi, maka anda harus mengetahui beberapa ciri-ciri dari surat resmi sebelum saya mempersembahkan beberapa contoh permintaan formal.Ciri-ciri dari surat resmi yakni sebagai diberikut :

1)    Menggunakan kepala surat atau KOP, namun ibarat yang anda ketahui tidak tiruana surat atau permintaan resmi yang anda terima mempunyai kepala surat lantaran hambatan atau belum sempurnanya tertentu. Tapi tentu saja kepala surat dibutuhkan.

2)    Menggunakan bahasa yang baik. Poin ini ibarat tidak perlu anda pertanyakan mengapa. Karena pada surat resmi, contohnya contoh permintaan formal yang akan saya diberikan haruslah memakai bahasa yang baku sesuai dengan EYD. Hal ini juga berlaku pada penomoran atau urutan kalau di dalamnya terdapat beberapa poin yang harus dipisahkan.

3)    Tertera nomor surat, wacana dan lampiran. Untuk surat resmi jenis apapun tentu saja diperlukan hal tersebut supaya terperinci tujuan dari diterbitkannya surat tersebut.

4)    Adanya tanda pengesahan. Pada surat resmi, tentu saja anda biasa melihat stempel atau cap. Stempel ini membuktikan bahwa surat tersebut sah dan secara legal dikeluarkan dari suatu instansi sehingga sanggup dipertanggun gjawabankan dikemudian hari.

Selain ciri-ciri surat resmi, sebelum saya mempersembahkan contoh permintaan formal ada baiknya anda memahami format dari penulisan surat resmi. Hal ini tentu saja akan megampangkan anda untuk membuat surat resmi pada keperluan yang akan hadir. Formatnya yakni sebagai diberikut :

1)    Kepala surat atau kop. Hal ini sudah dijelaskan sebelumnya sehingga saya rasa sudah cukup jelas.
2)    Tanggal pembuatan surat.
3)    Nomor surat.Nomor surat ini biasanya beberapa adonan abjad yang dipisah dengan  tandagaris miring dan diakhiri dengan tahun dibuatnya surat.
4)    Hal. Merupakan tujuan mengapa surat resmi tersebut dibuat. Misalnya undangan, lamaran pekerjaan, dan lain sebagainya.
5)    Lampiran. Anda tinggal mengisinya dengan berapa banyak file yang anda lampiran dalam surat.
6)    Alamat tujuan
7)    Salam pembuka
8)    Isi surat. Point ini yakni point utama pada surat yang anda buat. Oleh alasannya yakni itu, anda sebaiknya memakai bahasa yang simpel dimengerti, singkat namun tetap jelas.
9)    Salam penutup
10)    Pengirim
11)    Tembusan. Hal ini perlu anda masukkan kalau anda didukung oleh beberapa instansi terkait
12)    Inisial

Sesudah anda memahami format surat resmi di atas, tentu saja anda akan lebih simpel untuk menciptakannya. Berikut yakni beberapa contoh permintaan formal yang sanggup anda jadikan contoh :




(KOP SURAT)
PEMERINTAH KOTA WONOSOBO
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMA NEGERI 3 WONOSOBO
Jl. Pangeran Diponegoro 45, Wonosobo, Jawa Tengah
Nomor             : 123/3455/III20115                                                                30 Desember 2015
Lampiran         : -
Hal                   : Undangan Rapat

Kepada Yth.
Bapak / Ibu Guru Sekolah Menengan Atas Negeri 3 Wonosobo
Di tempat

melaluiataubersamaini hormat,
Sehubungan dengan dilaksanakannya rapat selesai tahun guna mengulas kinerja dari masing-masing Guru Sekolah Menengan Atas Negeri 3 Wonosobo, maka dengan surat ini kami mengundang Bapak ?ibu guru untuk sanggup menghadiri rapat selesai tahun tersebut. Rapat iniakandilaksanakan pada
Hari / tanggal                : Jum’at / 31 Desember 2015
Waktu                          : 13.00 –15.00 WIB
Tempat                         : Gedung Serba Guna Sekolah Menengan Atas Negeri 3 Wonosobo
Demikian surat permintaan ini saya buat, supaya sekirannya Bapak / Ibu sanggup menghadiri rapat pada tepat waktu supaya rapat sanggup berjalan lancar.Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
Nb: Dimohon Bapak / Ibu sanggup membawa berkas kinerja selama setahun terakhir

Hormat Kami

Drs. H Djalaluddin Raden


misal Undangan Formal Yang Kedua
(KOP SURAT)
Jakarta, 17 Mei 2015
Nomor             : 456/356/333/2015
Hal                   : Undangan Rapat
Lampiran         : -

Kepada Yth.
Bapak Maulana Noor Aji
Manajer Operasional
PT. Sukses Jaya Abadi
Di tempat

melaluiataubersamaini hormat,
Bersama dengan hadirnya surat ini, kami dari pihak Panitia Penyelenggara program peringatan ulang tahun PT. Sukses Jaya Abadi yang ke 35 tahun, bermaksud untuk mengundang Bapak pada rapat persiapan tersebut yang akan dilaksanakan pada:
Hari                 : Selasa
Tanggal           : 20 Mei 2015
Waktu              : 11.00 – 12.30 WIB
Tempat            : Ruang Rapat Lantai 2 PT.Sukses Jaya Abadi
Demikianlah surat ini permintaan ini kami sampaikan dengan cita-cita Bapak sanggup menghadiri rapat tersebut tepat waktu. Atas waktu dan perhatiannyakami ucapkan terimakasih.
Hormat Kami
Ketua Panitia

Dwi Hardiman



misal Undangan Formal Yang Ketiga

(KOP SURAT)
Bandung, 20 Maret 2015
No                    : 123/456/124/2015
Lampiran         : -
Hal                   : Undangan

Yth.
Orang Tua / Wali anakdidikKelas XI
SMA Negeri 3 Bandung

melaluiataubersamaini hormat,
Sehubungan akan diadakannyaacara Studi Lapangan yang akan diikuti oleh siswa dan siswi kelas XI Sekolah Menengan Atas Negeri 3 Bandung, dengan ini kami dari pihak sekolah mengundang Bapak / Ibu selaku orang renta / wali anakdidik supaya sanggup hadir pada rapat untuk mengulas hal tersebut yang akan dilaksanakan pada:
Tanggal                       :22 Maret 2015
Waktu                          : 10.00 – 12.00 WIB
Tempat                        : Gedung Aula Sekolah Menengan Atas Negeri 3 Bandung
Demikian surat ini kami buat. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah

Ir. JokoSantoso
close