Pengertian Matematika Dan Sejarahnya - Lengkap

Dari mulai pertama blog ini dibentuk malah kelupaan untuk posting wacana pengertian matematika dan sejarahnya, yang dipikaran cuman posting soal, bahan rumus matematika padahal mengetahui penertian dan sejarah matematika juga perlu.

Pengertian Matematika

 Dari mulai pertama blog ini dibentuk malah kelupaan untuk posting wacana pengertian matema Pengertian Matematika dan Sejarahnya - Lengkap
Sebuah quipu, yang digunakan oleh Inca
untuk mencatatkan bilangan.
"Matematika" berasal dari bahasa kuno yunani yaitu μάθημα (máthēma), yang berarti pembelajaran, pengkajian,  ilmu yang ruang lingkupnya menyempit, dan secara teknis artinya menjadi "pengkajian matematika", bahkan demikian juga di zaman kuno. Kata sifatnya yaitu μαθηματικός (mathēmatikós), berkaitan dengan tekun belajar, atau pengkajian, yang lebih jauhnya berarti matematis. Secara khusus, μαθηματικὴ τέχνη (mathēmatikḗ tékhnē), dalam bahasa Latin ars mathematica, berarti seni matematika.

dalam bahasa Inggris/prancis, sering menggunakan bentuk jamak ibarat les mathématiques (jarang menggunakan bentuk tunggalnya "la mathématique" ), merujuk pada bentuk jamak di dalam bahasa Latin yang cenderung netral mathematica (Cicero).

τα μαθηματικά (ta mathēmatiká) bentuk jamak dalam bahasa yunani kuno , yang sering digunakan Aristoteles, yang diartikan secara agresif yaitu "segala hal yang matematis". Tapi, dalam bahasa Inggris, kata benda mathematics mengambil bentuk tunggal jikalau digunakan sebagai kata kerja. Di dalam aneka macam percakapan, matematika kerap kali disingkat sebagai math di Amerika Utara dan maths di daerah lain.

Itulah sedikit pengertian matematika berdasarkan bahasa yang digunakan yang saya kutip dari wikipedia.

Sejarah Matematika

 Dari mulai pertama blog ini dibentuk malah kelupaan untuk posting wacana pengertian matema Pengertian Matematika dan Sejarahnya - Lengkap
Sistem bilangan Maya
Evolusi matematika dipandang sebagai sederetan abstraksi yang bertambah banyak, atau perkataan lainnya ekspansi pokok masalah. Abstraksi mula-mula, yang juga berlaku pada banyak binatang, yaitu wacana bilangan: sebagai teladan "pernyataan bahwa dua apel dan dua jeruk" mempunyai jumlah yang sama.
Selain mencacah objek-objek fisika, insan prasejarah juga mengerti bagaimana mencacah bemasukan abstrak, ibarat waktu — hari, musim, tahun. Aritmetika dasar (pengurangan, penjumlahan, pertolongan, dan perkalian) mengikuti secara alami.

penulisan atau sistem lain untuk mencatatkan bilangan semisal menggunakan tali atau dawai bersimpul disebut sebagai quipu digunakan oleh bangsa Inca untuk menyimpan data numerik. Sistem bilangan ada bermacam-macam, bilangan tertulis yang pertama diketahui di dalam naskah warisan Mesir Kuno di Kerajaan Tengah Mesir, Lembaran Matematika Rhind.

Penggunaan terkuno matematika terdapat dalam lingkup perdagangan, pelukisan, pengukuran tanah, dan pola-pola penenunan dan pencatatan waktu dan tidak pernah berkembang luas hingga tahun 3000 SM ke permukaan ketika orang Babilonia dan Mesir Kuno sudah mulai menggunakan aljabar, aritmetika, dan geometri untuk penghitungan pajak/ urusan keuangan lainnya, bangunan, konstruksi, dan astronomi.

Matematika sejak dikala itu eksklusif berkembang luas, dan terdapat interaksi yang bermanfaa antara matematika dan sains, saling menguntungkan. ( dirangkum dari wikipedia )


close