Materi Yang Akan Diujikan Pada Aktivitas Osn

Silabus yaitu ruang lingkup atau kumpulan materi yang akan diujikan pada acara OSN.

Silabus yang disusun terdiri dari 4 jenis ruang lingkup materi sesuai dengan mata pelajaran yang dilombakan yaitu IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS.

Silabus disusun dengan tujuan antara lain mempersembahkan panduan untuk menyatukan pemahaman dan menyamakan interprestasi bagi guru khususnya dan pembina  lain  pada umumnya dalam menyiapkan  siswa  didik untuk menghadapi kompetisi olimpiade sains nasional pada  tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Silabus ini mencakup beberapa aspek materi pokok dan ruang lingkup yang sesuai untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama pada mata pelajaran IPA  (Biologi, Fisika), Matematika, dan  IPS. Di dalam silabus  terdapat materi pokok dan ruang lingkup dengan isi  pengetahuan, keterarnpilan dan perilaku yang perlu dimiliki oleh  siswa serta kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Ruang lingkup materi yang tercantum di dalam silabus yaitu materi pola dalam penyusunan soal Olimpiade Sains Nasional yang sanggup diinterpretasikan ke dalam tingkat kesusahan soal dan tipe soal yang tidak sama-beda.

Interpretasi tersebut tentunya bergantung kepada tim penyusun soal.

Secara garis besar sanggup dijelaskan bahwa tingkat kesusahan tersebut berjenjang ibarat untuk tingkat provinsi akan lebih susah dibandingkan tingkat kabupten/kota, dan tingkat nasional akan lebih susah dibandingkan dengan tingkat  provinsi, begitu juga tingkat kompleksitas soal tersebut.

download silabus untuk Olimpiade Sains Nasional disini

close