RPP IPS Kelas V Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 3 x 35 Menit
Siklus / Pertemuan : I / 1
STANDAR KOMPETENSI
1. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
KOMPETENSI DASAR
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
INDIKATOR
- Menuliskan faktor-faktor yang melatarbelakangi penjajahan Belanda terhadap Indonesia
- Menjelaskan penderitaan rakyat Indonesa semasa penjajahan Belanda
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui klarifikasi singkat guru, tanya balasan dan kerja kelompok, dibutuhkan anakdidik sanggup :
a. Menuliskan faktor-faktor yang melatarbelakangi penjajahan Belanda terhadap Indonesia dengan benar
b. Menjelaskan penderitaan rakyat Indonesa semasa penjajahan Belanda dengan benar
II. MATERI PEMBELAJARAN
- Perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang
III. METODE PEMBELAJARAN
1. Tanya jawaban
2. Ceramah
3. Kerja kelompok
4. Model pembelajaran Cooperative learning tipe NHT
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
1. Memdiberi salam dan berdoa
2. Mengecek kehadiran anakdidik
3. Menyiapkan media dan instrumen penilaian
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Apersepsi: Tanya balasan ihwal pembelajaran sebelumnya
6. Guru Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran berkelompok berupa penataan meja dan kawasan duduk siswa.
b. Kegiatan inti
1. Guru memdiberi klarifikasi singkat kepada anakdidik ihwal faktor-faktor yang melatarbelakangi penjajahan belanda terhadap indonesia serta penderitaan rakyat Indonesia.
2. Murid dibagi dalam kelompok kecil yang heterogen yang di dalamnya terdiri dari ....... anakdidik tiap kelompok.
3. Guru membagi nomor kepada setiap anakdidik dalam kelompok
4. Murid didiberi lembar kerja kelompok
5. Murid mengerjakan kiprah kelompok, dan harus dikerjakan secara bersama-sama.
6. Guru sebut satu nomor dan para anakdidik dari setiap kelompok mengangkat tangannya sesuai nomor yang disebut untuk menjawaban pertanyaan sesuai dengan yang ada di lembar kerja.
7. Guru memperjelas jawabanan dari anakdidik, kemudian memdiberi penghargaan kepada anakdidik.
8. Memdiberi penilaian individu
c. Kegiatan selesai
1. Guru dan anakdidik tolong-menolong menyimpulkan bahan pelajaran 2. Guru memdiberi motivasi kepada anakdidik untuk mencar ilmu
V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
a. Buku paket IPS SD kelas 5 penerbit sentra pembukuan Depdiknas hal. 133-149
b. Silabus KTSP
c. Media berupa gambar-gambar
d. Lembar Kerja
VI. PENILAIAN
a. Tehnik penilaian : Tertulis
b. Bentuk tes : Essay
c. Prosedur Penilain : Proses dan Hasil