Doa Ulang Tahun Islami


Doa ulang tahun islami, berbicara wacana doa tentu tidak lepas dari namanya tuntunan Rasulullah Muhammad SAW. Karena doa ialah ibadah maka haruslah ada teladan do’a dalam Islam. Hakikat Ulang tahun bekerjsama bukanlah pertambahan umur tetapi berkurangnya jatah umur yang didiberikan oleh Allah kepada kita. Makara merayakan ulang tahun bekerjsama bukanlah bab dari ibadah yang membutuhkan do’a do’a khusus untuk istri, ibu, anak, suami, sobat dekat dan lain-lain. 

 berbicara wacana doa tentu tidak lepas dari namanya tuntunan Rasulullah Muhammad SAW Doa Ulang Tahun Islami

Alasan kebanyakan orang dalam merayakan ulang tahun ialah bersyukur alasannya ialah didiberi kesehatan dan umur yang panjang. Yah, alasannya memang sempurna dan mulia alasannya ialah mensyukuri karunia yang sudah didiberikan oleh Allah. Tetapi bukankah ulang tahun itu cuma sekali setahun seharusnya verbal kesyukuran itu sebaiknya dilakukan tiap ketika tanpa mengenal waktu tertentu. Ekspesi kesyukuran bisa banyak macamnya dengan banyak berzikir dan mengingat kepada Allah dan diberibadah.

Alasan lain bisa mengajak mitra kawan untuk silaturahmi untuk momen tertentu. Iya alasannya juga mulia alasannya ialah silaturahmi dengan kawan-kawan dekat. Sangat dianjurkan memang dalam islam untuk selalu bersilaturahmi dan menjaga keakraban dengan kawan-kawan tetapi tidak perlu menunggu momen tertentu untuk merayakannya, bisa beliau ajak mitra kawan ngumpul pada ketika kangen kangen ingin berjumpa tidak perlu menunggu hingga setahun gres bisa ngumpul. Cukup program kegiatan kecil-kecilan untuk meramaikan keakraban bisa dengan gorengan dan kudapan camilan kecil. Doa bisa kapanpun tanpa menunggu momen ulang tahun Islami karena tidak ada tidak ada kata islami kalau tidak mengikuti tuntunan Islam.

Alasan lainnya ingin menyebarkan kebahagian dengan sesama. Itu juga sangat mulia dan gampang-gampangan kita tiruana bisa menjadi orang yang selalu peduli dengan sesama. Tetapi tidak perlu menunggu moment ulang tahun gres bisa menyebarkan dan memdiberi makan kepada mitra dan fakir miskin. Kita bisa saja tiap ketika untuk memdiberi fakir miskin berupa santunan masakan dan uang tanpa perlu menunggu moment tahunan. Bisa tiap bulan atau ahad kita sisihkan penghasilan untuk disedekahkan kepada orang yang kurang mampu. Ini terang amalannya hingga kepada Allah kalau diniatkan lapang dada alasannya ialah Allah. Tidak perlu hura hura dengan program kegiatan ulang tahun.

Kalau untuk sangat senang anak anak kita dengan ulang tahun, kan banyak mitra kawan yang rayain, masak sih kita juga tidak merayakannya. Sekali lagi tidak perlu memen tertentu untuk sangat senang bawah umur kita. Bisa kita memdiberi hadiah kecil kecilan pada ketika ada prestasi kecil kecilan yang didapat anak-anak. Ataukah lagi sanggup juara , bisa diadakan pesta kecil-kecilan dengan memanggil kawan-kawannya untuk meramaikannya. melaluiataubersamaini ini bisa menambah semangat dan motivasi anak. Merayakan ulang tahun yang glamor bisa jadi mengajarkan anak anak untuk bergaya hidup hura-hura. Sebagai orang renta seharusnya kita mendidik anak untuk bisa menjadi generasi muda terbaik. Hal yang guah kalau jika merayakan ulang tahun dengan doa ulang tahun islami yang dikhususkan. Padahal itu tidak ada tuntunan dalam islam dalam doa.

Kan mau senang-senang, yah senang-senang itu boleh aja asal tidak berlebihan, tidak ada larangan bisa kita senang senang selalu. Yang penting tidak melaksanakan pelanggaran ibarat hura hura dan pemborosan. Kita juga bisa bersenang senang dengan memdiberi hadiah pada diri kita disaat ada keberhasilan kecil kecilan dengan memanjakan diri kita sejenak.

Kesimpulannya doa ulang tahun islami itu tidak ada, yang ada itu berdoa dengan mengucapkan hamdalah sebagai bentuk kesyukuran setiap ketika dan kapanpun waktunya. Hamdalah ( Alhamdulillahi Rabbil Alamin ) sebaiknya selalu diucapkan untuk selalu bersyukur disertai resapan ke hati alasannya ialah karunia yang Allah diberikan berupa kesehatan dan umur panjang.
close