RPP IPA SD Kelas IV Tentang Energi Bunyi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Kompleks IKIP I
Mata Pelajaran : IPA
Kelas /Semester : IVa/II
Materi pembelajaran : Energi Bunyi
Alokasi waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
I. Standar Kompetensi
8. Memahami banyak sekali bentuk energi dan cara penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
II. Kompetensi Dasar
8.1 Mendeskripsikan energi gerah dan suara yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat- sifatnya
III. Indikator
A. Kognitif
1. Produk
- Siswa sanggup membuat daftar sumber-sumber suara yang terdapat di lingkungan sekitar
- Siswa sanggup mengatakan bukti perambatan suara pada benda padat.
2. Proses
- Siswa sanggup sebut sumber-sumber suara yang terdapat di lingkungan sekitar.
- Siswa sanggup membuat telepon mainan dari materi sederhana.
B. Psikomotor
· Terampil dalam Membuat telepon mainan
C. Afektif
1. Karakter
Kerjasama, tanggun jawaban, kedisiplinan dan keaktifan
2. Keterampilan social
Berkomunikasi mencakup diskusi, bertanya dan berpendapat
IV. Tujuan Pembelajaran
A. Kognitif
1. Produk
- Melalui klarifikasi guru, siswa sanggup membuat daftar sumber-sumber suara yang terdapat di lingkungan sekitar.
- Melalui klarifikasi siswa sanggup mengatakan bukti perambatan suara pada benda padat.
2. Proses
- Melalui penugasan Siswa sanggup sebut sumber-sumber suara yang terdapat di lingkungan sekitar.
- Melalui penugasan siswa sanggup membuat telepon mainan dari materi sederhana
B. Psikomotor
· Siswa sanggup Terampil dalam membuat telepon mainan
C. Afektif
1. Karakter
Tanggung balasan kerjasama,kedisiplinan dan keaktifan
2. Keterampilan social
Berkomunikasi dengan guru dan mitra dalam pembelajaran mencakup diskusi, bertanya dan berpendapat.
V. Materi pembelajaran
Energi Bunyi
VI. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model : kooperatif
2. Metode pembelajaran : ceramah, Tanya jawaban,diskusi,penugasan
VII. Sumber / Media Pembelajaran
· Sumber
-KTSP 2006
-Mustaqim,Burhan dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
· Media
- Kaleng bekas atau gelas plastic bekas
- Benang
- Gunting
VIII. Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran
A. Langkah Pembelajaran Penlampauan
Kegiatan | Waktu |
1. Mengecek kesiapan berguru siswa 2. Mengajak siswa berdoa dan mengecek kehadiran siswa. 3. Melakukan apersepsi untuk mengantarkan siswa kepada materi yang diajarkan. 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam proses pembelajaran. | ±10 menit |
B. Inti
Kegiatan | Waktu |
1. Menjelaskan secara singkat kepada siswa materi yang dipelajari. 2. Melakukan tanya balasan terkena sumber energi suara yang terdapat dilingkungan sekitar 3. Siswa mencatat hal-hal penting yang di jelaskan oleh guru. 4. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok ( 4-5 orang ) 5. Guru membagikan LKS, kemudian siswa mengerjakannya secara berkelompok dengan petunjuk yang tertera. 6. Siswa melaksanakan percobaan membuat telepon mainan untuk pertanda suara sanggup merambat melalui benda padat. 7. Guru membimbing kelompok yang mengalami kesusahan. 8. Siswa secara bergantian mempersentasekan hasil percobaannya. 9. Memdiberikan penghargaan kepada kelompok yang mengerjakan Lomba Kompetensi Siswa dengan baik. 10. Siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dengan dibimbing oleh guru. 11. Memdiberikan penilaian kepada siswa secara individu. | ±50 menit |
C. Penutup
Kegiatan | Waktu |
1. Refleksi 2. Memdiberi pesan tabiat dan motivasi dengan mengajak siswa biar lebih ulet belajar di rumah. 3. Menutup pelajaran dengan salam. | ±10 menit |
IX. Penilaian
1. Teknik Penilaian : Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Terlampir
3. Instrumen : Terlampir
4. Kunci Jawaban : Terlampir
5. Pedoman Penskoran : Terlampir
Daftar pustaka : Mustaqim,Burhan dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional