Dasar - Dasar Ilmu Komunikasi



Sir Richard Branson pemilik Virgin group pernah menceritakan pengalamannya pertama kali berbicara di depan umum. Pikirannya terasa kosong ketika mengambil mikrofon. Dia bergumam tak terang sebelum meninggalkan podium. Sir Richard Branson itu ialah salah satu momen paling memalukan dalam hidupnya.

Sesudah Itu Sir Richard Branson mulai latihan bicara didepan public. Menurutnya pembicara yang baik tidak spesialuntuk berbakat atau beruntung tapi melainkan alasannya yaitu kerja keras.

Pengalaman Sir Richard Branson dialami oleh hampir tiruana pembicara.

Saya mengibaratkan mencar ilmu public speaking mirip mencar ilmu menyetir mobil. Kita tidak bisa lancar menyetir kendaraan beroda empat spesialuntuk dengan membaca buku manualnya. Kita juga harus melaksanakan tes dan praktek dengan benar. Begitu juga dengan public speaking, tidak cukup spesialuntuk mencar ilmu dengan cara membaca buku. Latihan, praktek dan jam terbang sangat dibutuhkan.

Kemampuan berkomunikasi tidak terbatas spesialuntuk kepada profesi-profesi yang seringkali harus berbicara dihadapan publik mirip pembicara public, pembawa program atau pembicara.
Kemampuan berkomunikasi tidak spesialuntuk berkhasiat ketika berbicara dihadapan orang banyak. Kemampuan ini juga bisa diadopsi untuk komunikasi sehari-hari, baik dalam pergaulan maupun bisnis.
Seorang mekanik yang mencar ilmu cara berkomunikasi tentu akan lebih simpel berkomunikasi dengan siapa saja yang dijumpainya, termasuk untuk membicarakan hal-hal yang bersifat teknis dengan bahasa yang simpel dimengerti oleh lawan bicara. Bahkan kemampuan berkomunikasi yang dimiliki seorang mekanik menciptakannya menjadi lebih mempersembahkan dampak dibandingkan dengan orang pemamasukan bahkan penjualan.
Ini juga berlaku untuk aneka macam macam profesi lainnya.

Dizaman modern ini, banyak perempuandan laki-lakidi seluruh duniamenyebarkan idedan pengaruhmereka melaluikemampuan public speaking.Di Amerika Serikat, terdapat nama-nama mirip FranklinRoosevelt, BillyGraham, CesarChavez, BarbaraJordan, Ronald Reagan, MartinLuther King, HillaryClinton, dan BarackObama. Di negara lain, kita melihatkekuatanpublic speakingdilakukan oleh tokohsepertimantan Perdana Menteri InggrisMargaretThatcher, pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela,  pejuang demokrasi BurmaAung San Suu Kyidanaktivis lingkungan Kenyadan pemenang Hadiah NobelWangariMaathai.

Ketika Anda membacanama-nama,  Anda mungkinberpikir, "Itu  baikbagi mereka. Tapi apayangharusdilakukan dengan aku?Saya tidakberencana untukmenjadi presidenataupembicara." Namun demikian, kebutuhan untukberbicara di depan umumhampir pastiakan menyentuhAndadalamhidup Anda suatu ketika –mungkin besok,mungkin tidak untuklima tahun.  DapatkahAnda membayangkan diri Andaharus melaksanakan public speaking?

(Source : e-book Speaking in Public)


Ketakutan dan Kecemasan Dalam Berkomunikasi.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketakutan dan  kecemasan dalam  berkomunikasi.

1.  Mengetahui cara berkomunikasi yang baik. Ini bisa didapat dengan membaca buku atau ikut petes

2.  Latihan, Latihan dan Latihan. 
    Belajar berkomunikasi itu mirip belajat menyetir mobil. Kita tidak cukup spesialuntuk membaca buku  manual tanpa tes. 
 
3.   Menguasai materi.
Jika kita berkomunikasi dengan membicarakan bahan yang kita kuasai maka itu akan menumbuhkan rasa percaya diri. Ini membuat kita akan bisa mengurangi ketakutan dan kecemasan dalam komunikasi.

4.   Mempunyai Gerakan Rahasia
Maksudnya disini kita sebaiknya mempunyai gerakan khusus yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketakutan. Misalnya dengan program menggosok-gosok tangan. Melakukan lompatan enteng. Atau gerakan lainnya yang kita sukai.

5.   Senyum
Senyum membuat badan kita menjadi rileks.

6.   Kontak Mata
Lakukan kontak mata dengan lawan bicara.


Keenam langkah ini yaitu untuk tes mengatasi kecemasan dan kegugupan. Sesudah nanti anda terbiasa tentu anda tidak perlu lagi menjalankan tiruana langkah-langkah ini sebelum tampil. Jam terbang akan membuat anda menemukan cara tersendiri dalam mengatasi kegugupan.

Suara / Vokal

Suara saya cempreng .., saya tidak bisa jadi pembicara yang baik.

Sekarang bukan jamannya lagi seorang public speaker, mc maupun penyiar radio harus mempunyai bunyi yang bagus. Sekarang ini sebagai pembicara publik yang dibutuhkan yaitu bunyi yang berkarakter dan mempunyai ciri khas.

Kita akan melihat beberapa jenis bunyi diantaranya :

1.    Menyenangkan, penuh kehangatan
2.    Natural, mencerminkan kepribadian sejati Anda dan ketulusan
3.    Dinamis, mempersembahkan kesan gaya dan kekuatan - bahkan ketika itu tidak terlalu keras-
4.    Ekspresif, menggambarkan aneka macam nuansa makna dan tidak pernah terdengar monoton atau tanpa emosi
5.    cepatdangampang didengar, berkat volume yang tepat dan artikulasi yang jelas
                                                                      (source: Your Speaking Voice by ToastMaster International)

6 Langkah Suara Makara Rileks

Berikut yaitu metode enam langkah supaya bunyi menjadi rileks. Jika Anda melaksanakan tes sederhana ini beberapa kali sehari untuk beberapa menit setiap kali, Anda akan segera melihat perbedaan. Suara Anda akan terdengar lebih kaya dan lebih berwarna.
(source: Your Speaking Voice by ToastMaster International)

1.    Sambil berdiri atau duduk dengan nyaman, letakkan tangan Anda enteng pada otot tenggorokan dan berbicara dalam nada normal. Perhatikan Ketegangan otot tenggorokan dan sesak rahang Anda.
2. Menguap. Buka ekspresi Anda lebar-lebar. Selesai menguap dengan simpel "ho-hum," memperpanjang "hum" untuk
beberapa detik. Jatuhkan rahang Anda sejauh mungkin tanpa stres. Goyangan rahang dari sisi ke sisi dan terus bersenandung dengan bibir Anda tertutup dan rahang longgar
3. Ulangi menguap dan bersenandung. Perhatikan bagaimana otot tenggorokan Anda sudah melonggarkan dan menjadi
santai. Lihat bagaimana nyaman tenggorokan Anda terasa dengan melepas ketegangan
4. Mempertahankan perasaan kegampangan dan kelonggaran, mengucapkan kata-kata diberikut: A-I-U-E-O. Buka ekspresi Anda lebar, menjatuhkan rahang Anda rileks. Membesar-besarkan bibir Anda dan gerakan rahang. Ketika tenggorokan Anda terasa lelah, berhenti dan menguap lagi.
5.    Meremas enteng otot tenggorokan dengan jari-jari Anda untuk menghilangkan sesak.
6.   Perlahan-lahan mengulangi bunyi sebagai diberikut: A-I-U-E-O. Jatuhkan rahang dan tenggorokan rileks Anda. Memperpanjang suara, mempersembahkan setiap panjang yang sama.


Ketahui mirip apa jenis bunyi yang anda miliki. Ini megampangkan anda untuk melaksanakan kombinasi dengan intonasi dan artikulas. Seperti apa bunyi yang anda inginkan terdengar ketika berbicara.

Latihan tentu sangat dibutuhkan biar bunyi anda bisa terdengar rileks. Bagi pembicara yang gugup, biasanya akan simpel diketahui dari nada bunyi yang cenderung terdengar bergetar atau tidak lancar.


Ketakutan dalam melaksanakan komunikasi dihadapi oleh banyak orang.
Siapa saja bekerjsama bisa berkomunikasi dengan siapa saja, kapan saja dan dimana saja.
Diperlukan mental yang berpengaruh untuk bisa melaksanakan komunikasi.
Untuk membangun mental dibutuhkan rasa Percaya Diri.
Bagaimana membangun rasa percaya diri?
Salah satu langkah sederhana yaitu mengetahui kelebihan dan belum sempurnanya kita

Pengetahuan dasar dalam  komunikasi
1.     Teknik mengatasi kegugupan

2.     Olah Vokal

3.     Intonasi

4.     Artikulasi

5.     Gestur

6.     Kontak Mata

7.     Pegang Mic

8.     Mengunakan Penunjang

9.     Membuat Materi
close