Prinsip Dasar Memperbaiki Pesawat Sederhana

Ada tiga hal yang sangat penting yang harus diikuti untuk memperbaiki suatu pesawat:
  1. Selalulah dengan tanpa kecuali yakinkan bahwa sumber listrik dan/atau sumber gas ke pesawat sudah terputus sebelum Anda memulai mengetes pesawat untuk mendiagnose permasalahan, atau mereparasinya. Jika Anda memasukkan sumber listrik untuk mengecek pekerjaan Anda sehabis perbaikan, tidakboleh menyentuh pesawat; tetapi lihatlah (telitilah) doloe. Jangan pernah menyentuh pesawat sampai pesawat berjalan. Jika pengaturan diperlukan, matikan sumber sebelum Anda melakukannya.
  2. Jika ada penggalan pesawat yang dipegang (dikencangkan) dengan sekrup, baut, penyumbat, dan juga pengunci, Anda sanggup segera menyiapkan banyak sekali keperluan untuk perbaikan. kalau penggalan pesawat dipegang dengan paku keling atau dilas, tidakboleh coba-coba untuk memperbaiki pesawat sendiri; panggillah tenaga servis profesional.
  3. Dalam banyak hal, kerusakan atau ketidakfungsian penggalan dari pesawat sanggup diganti dengan lebih cepat dan tidak begitu mahal kalau dibandingkan dengan memperbaikinya, oleh Anda atau oleh tenaga profesional. 
Merubah kerusakan atau penggalan yang tidak berfungsi dengan komponen gres yang sejenis. Suku cadang alat tersebut  dapat diperoleh di pusat-pusat servis alat, dealer, dan toko2 suku cadang. Anda tidak selalu harus pergi ke sentra servis di kawasan Anda, pesanlah komponen yang Anda butuhkan pribadi ke pabrik; diberilah pabrik data wacana model dan komponen yang mungkin untuk alat tersebut. Nama dan alamat pabrik biasanya tercatat di alat tersebut.
Ada tiga pokok dasar untuk keselamatan dan keberhasilan perbaikan suatu pesawat. Jangan pernah mencoba menyimpan waktu atau uang dengan mengabaikannya . Anda tidak akan menyimpan sesuatu dalam tiruana hal, dan anda sanggup mengakhiri derita Anda atau kerusakan pesawat.

Sebelum Anda memperbaiki beberapa pesawat, yakinkan bahwa pesawat sedang mendapatkan sumber daya, belum sempurnanya daya yaitu sebagian besar penyebab gangguan pesawat. Sebelum Anda mulai proses pengujian dan diagnosis, ambillah 3 (tiga) tahapan persiapan sebagai diberikut:
  1. Ceklah untuk meyakinkan bahwa pesawat benar2 sudah dimasukkan ke sumber tegangan sebagaimana mestinya, dan bahwa kabel, steker dan kotak-kontak (KK) kerja dengan baik. Jika KK dikontrol dengan sakelar, yakinkan bahwa sakelar sudah ON. Tentukan kembali bahwa KK bekerja, teslah dengan tester tegangan, sehingga terang berdasarkan pengetesan listrik.
  2. Ceklah untuk meyakinkan bahwa sekering dan/atau CB (circuit breaker) pada rangkaian kontrol tidak terputus atau belum trip. Mungkin ada lebih dari 1 pgual masukan untuk rumah Anda, khususnya untuk pesawat 220-240V ibarat halnya kompor dan AC -- Cek untuk terputusnya sekering atau tripnya CB pada kedua pgual distribusi. Jika perlu, perbaiki rangkaian.
  3. Ceklah untuk meyakinkan  sekering dan/atau CB di dalam pesawat tidak putus atau trip. Tekanlah tombol reset ON ibarat pada pesawat pengolah sampah, pencuci, pengering, dan kompor. Beberapa kompor memiliki jenis steker bersekering secara terpisah, untuk operasi pemanggangan; yakinkan bahwa sekering ini belum putus.

Jika pesawat memakai gas atau air, ceklah untuk meyakinkan bahwa penerimaan supply cukup memadai.
Ceklah manual penerapan pesawat Anda; pabrik-pabrik memasukkannya, dan itu sangat memmenolong ibarat chart untuk memecahkan permasalahan. Jika Anda tidak memiliki manual untuk pesawat tersebut, Anda mungkin sanggup memperoleh salah satu -- setiap pesawat yang sudah lama atau tak terpakai lagi -- dari pabrik penggalan servis pelanggan.
close