Bagaimana Pesawat Rumah Tangga Bekerja



Kebanyakan pesawat beroperasi pada sistem kelistrikan di rumah Anda; mereka memakai arus AC dari jaenteng rumah Anda. Beberapa pesawat bekerja pada jaenteng 110-120V; steker kabelnya memiliki 2 ujung kontak. Pesawat-pesawat yang besar, menyerupai Penyejuk Ruangan (AC), Pengering, dan Kompor, biasanya membutuhkan jaenteng 220-240V, dan tidak sanggup dioperasikan pada jaenteng 110-120V. Pesawat-pesawat besar dipasang dengan kawat ground (PE); stekernya memiliki 2 ujung kontak dan sebuah kontak pengecap (prong) untuk penghantar PE-nya. Pesawat jenis ini stekernya harus dimasukkan dalam sistem grounding. Semua pesawat didiberi label, juga terdapat plat nama pada bodinya, untuk menunjukkan daya yang diperlukan dalam watt dan volt, dan terkadang dalam ampere. Jika Anda membeli pesawat, ingat bahwa lebih tinggi daya yang dibutuhkan, memerlukan penerapan listrik yang lebih banyak, dan lebih banyak pula biaya operasinya.
            Pesawat-pesawat rumah tangga yang kecil biasanya memakai mesin sederhana yang agak baik. Mesin biasanya terdiri dari elemen pemanas sederhana, atau kipas, satu set sudu-sudu, atau pelopor putaran yang berhimpit dengan porosnya; atau terdiri dari 2 atau 3 sistem mekanik yang sederhana. Memperbaiki pesawat-pesawat ini biasanya relatif sederhana. Pesawat-peswat yang besar tentu lebih komplek, menyerupai mesin cuci, biasanya memiliki sebuah motor, timer, pompa, dan banyak sekali macam katup, sakelar, dan solenoid. Pesawat jenis ini permasalahannya sanggup terjasi pada peralatan kontrolnya atau komponen mekanik/daya. Kesalahan pada peralatan kontrol akan menghipnotis sebuah operasinya atau seluruh pesawat; kesalahan pada peralatan mekanik/daya biasanya spesialuntuk menghipnotis pada fungsi yang berkait dengan alat tersebut. Jika pesawat2 yang besar rusak, pengetahuan bagaimana mendiagnose permasalahan sama pentingnya dengan pengetahuan bagaimana untuk memperbaikinya.
            Tetapi pesawat-pesawat besar ialah sangat komplek, sehingga biasanya tidak begitu terang dimana letak ketidakfungsiannya. Tahapan yang I ialah kembali memilih permasalahan, di dalam peralatan kontrol atau peralatan mekanik. Dalam sebuah pemanas, sebagai contoh, peralatan kontrol menguasai gerah; komponen mekaniknya memutar drum. Sistem yang mana yang terpengaruh? Jika drum berputar tetapi dryer tidak gerah, problem terletak pada sistem kontrol; kalau dryer gerah tetapi drum tidak berputar, problemnya ialah mekanik. Analisis jenis ini sanggup dipakai untuk menawarkan jenis kesalahan -- sistem kontrol atao sistem mekanik -- pada tiruana pesawat-pesawat besar.
            Untuk mengetahui apa problem yang sebenarnya,  Anda harus mengecek setiap belahan pada sistem yang terpengaruh untuk menemukan belahan yang tepat. Ini tidak sesusah yang kita dengar, lantaran komponen2 alat bekerja bersama dalam urutan yang logis; mulailah dengan kemungkinan-kemungkinan sederhana, Anda sanggup mengecek komponen satu demi satu untuk mengisolasi penyebab gangguan. Tabel (chart) pencarikesalahan dalam belahan lain sanggup memmenolong Anda mendiagnose permasalahan. Setiap chart juga menggambarkan pengukuran yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki pesawat dari problem I yang Anda temukan.

close