Menggunakan Rumus Untuk Memilih Nilai Suku Urutan Besar

Kini kita sudah mengetahui bagaimana cara menurunkan rumus suku ke-n dari suatu barisan bilangan yakni dengan tuntunan referensi (menggunakan LK) maupun tanpa tuntunan referensi (tanpa  K).

Tanpa LK sifatnya lebih menantang, tetapi tanpa tuntunan inovasi rumus suku ke-n secara terperinci maka tujuan inovasi rumus itu akan susah untuk dilakukan.

Syarat penting untuk menurunkan rumus suku ke-n dari suatu barisan dengan tuntunan referensi yaitu ”guru terlebih lampau harus mengetahui kunci jawabanannya”. Kunci jawabanan yang dimaksudkan yaitu ”rumus suku ke-n dari barisan bilangan yang diketahui itu”.

Selanjutnya cara yang kedua yakni sanggup menemukan rumus suku ke-n barisan bilangannya tanpa memakai LK sehingga masing-masing guru/siswa sanggup mengekplorasi secara bebas.

Untuk sanggup mengeksplorasi secara bebas guru harus mengetahui ”bagaimana metode mengeksplorasi”. Sesudah siswa mengetahui metode tersebut diperlukan sanggup menemukan rumus umum tersebut secara berdikari  maupun berkelompok.

Sesudah rumus umum suku ke-n ditemukan, acara selanjutnya yaitu memilih nilai-nilai dari suku dengan urutan tertentu. Misal berapakah suku yang ke-50 dan berapakah suku yang ke-2008,

pemecahannya sanggup anda lihat di ebook ini hal 22
close