Belajar Satuan Berat Matematika Paling Efektif

Satuan Berat - Sebagai ilmu pasti, Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang sangat menarikdanunik untuk dibahas. Banyak orang yang suka pelajaran Matematika sebab asyik dan sangat bahagia. Satuan berat adalah salah satu bahan yang dipelajari pada pelajaran Matematika. Materi ini sudah diajarkan mulai dari tingkat dasar.

Sahabat tiruana, mempelajari wacana satuan berat sangat bermanfaa dalam kehidupan sehari-hari. Sahabat dapat mengaplikasikan secara pribadi dalam kehidupan. contohnya saja jikalau sedang berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar atau pun yang lainnya. Ragam satuan berat tidak sama-beda. Satuan berat yang umum dipakai di Indonesia dan di luar negeri juga tidak sama pula lho!

Tangga Satuan Berat


Untuk mempelajari satuan berat dengan gampang, sobat erat dapat memakai tangga satuan berat. Tangga satuan berat ini akan megampangkan sobat erat dalam menghitung suatu berat jikalau memakai satuan tertentu, dan lalu dihitung dengan memakai satuan lainnya. Sebelum melihat wacana menyerupai apa tangga satuan berat, mari simak terlebih lampau beberapa satuan berat yang sering digunakan.

Apakah sobat erat tau, alat apa yang sering dipakai untuk mengetahui berat dari suatu barang? Tentu saja, alat tersebut berjulukan timbangan. Timbangan sangat bervariasi. Beragam timbangan memang sengaja diciptakan untuk mengetahui berat dari suatu barang yang ingin ditimbang. contohnya saja, ada timbangan badan, timbangan angsa yang sering dipakai di pasar, timbangan beras, maupun timbangan emas.

Ragam satuan berat yang sering dipakai dalam timbangan yaitu sebagai diberikut!
  1. Ons
1 ons = 100 gram = 1/10 kilogram
  1. Kwintal
1 kwintal = 100 kg
  1. Ton
1 ton = 1000 kilogram
  1. Pound
1 pound = 2,20462 kg
  1. Gram
1 kilogram  2,20462 lbs
  1. Lbs
1 lbs = 1 pound
Jadi, sangat tidak pas sekali jikalau sobat erat menganggap bahwa berat 1 pounds = ½ kg suatu barang. Satuan berat diaplikasikan dengan memakai alat yang tidak sama-beda. Banyak sekali ukuran satuan berat di lingkungan sobat erat bukan? Masing-masing alat tersebut akan memakai satuan berat yang tidak sama-beda.

Satuan berat yang dipakai pada zaman lampau dan zaman kini juga tidak sama. Satuan berat yang sudah dicontohkan di atas ialah satuan berat yang dipakai dalam kehidupan yang modern. Lalu, adakah satuan berat lainnya yang dipakai pada zaman lampau? Jawabannya tentu saja ada. Bahkan nama satuannya pun sangat unik.

Diantara satuan berat yang dipakai pada zaman lampau yaitu 1 ondok, 1 cepuk, 1 gelas, dan masih banyak lagi satuan berat tradisional lainnya. Masing-masing satuan tersebut juga dipakai untuk mengukur jenis barang yang tidak sama-beda. Jadi, hampir menyerupai mirip di jaman kini ya.

Salah satu jenis satuan berat yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari yaitu gram dan ton.

Berikut beberapa konversi satuan berat dari gram dan ton

1 picogram = 0,00000000001 gram

1 nanogram = 0,000000001 gram

1 mocrogram = 0,000001 gram

1 miligram = 0,001 gram

1 gram = 1 gram

1 kilogram = 1000 gram

1 ton = 1000000 gram

1 megaton =b1000000000000 gram

1 gigaton = 1000000000000000 gram

Satuan gram sering dipakai dalam menghitung benda yang terbilang enteng menyerupai emas maupun buah-buahan. Namun jikalau satuannya sudah mencapai ton, tentu saja satuan tersebut dipakai untuk mengukur berat dari barang yang berjumlah banyak menyerupai beras, gula, jagung dan lain-lain.

Selanjutnya, mari lihat wacana tangga konversi dari satuan berat dalam matematika yang lainnya. Untuk lebih megampangkannya, sobat erat dapat memperhatikan tabel diberikut ini!
1 kg
10 ons
1 kg
1000 gram
1 kg
10 ons
1 ons
1000 gram
1 hg
1 ons
1 kwintal
100 kg
1 pon
5 ons
1 ton
1000 kg
1 ton
10 kuintal
Untuk tangga satuan berat gram dimulai dari  kilogram, hectogram, decagram, gram, desigram, centigram, dan miligram. Jika naik 1 tangga, maka sobat erat harus mengalikan jumlahnya dengan 10. Sebaliknya, jikalau turun 1 tangga, sobat erat harus membagikannya dengan 10.

1 kg = 0,1 hg

1 hg = 10 kg

1 gram = 1000 kg

1 kg = 0,0001 gram

Begitu seterusnya. Satuan gram ini memang sangat terkenal dipakai di lingkungan masyarakat. Hal ini sudah terbukti banyaknya orang yang memakai satuan gram untuk mengukur berat dari suatu barang.

misal Soal Satuan Berat


1. Ibu membeli 2500 gram buah jeruk dan 7800 gram buah mangga. Berapa kg kah jumlah buah yang ibu beli?

2500 gram jeruk = 2,5 kg

7800 mangga = 7,8 kg

Jadi, jumlah buah yang ibu beli yaitu 2,5 + 7.8 = 10,3 kg

2. Ayah membeli 5000 kg beras dan 20 kwintal tepung terigu. Berapa ton jumlah beras dan tepung yang Ayah beli?

5000 kg = 5 ton

20 kwintal = 2 ton

Jadi, jumlah beras dan tepung yang Ayah beli yaitu 7 ton.

3. Ibu membeli 25 ons bawang merah dan 2000 gram bawang putih. Berapa kg jumlah bawang merah dan bawang putih yang ibu beli?

25 ons = 2,5 kg

2000 gram = 2 kg

Jadi, jumlah bawang merah dan bawang putih yang ibu beli yaitu 2 + 2,5 = 4,5 kg

Bagaimana sobat dekat  tiruana?? Ternyata cukup simpel bukan dalam mempelajari satuan berat. Hal yang harus diperhatikan yaitu sobat erat harus mengingat jumlah satuan berat jikalau dikonversikan dalam satuan berat lainnya. Jika sobat erat sudah mengingat wacana hal tersebut, sobat erat pun akan lebih simpel dalam menghitung jumlah satuan berat yang tidak sama-beda.

Sahabat, ada tips jitu ni wacana bagaimana gampangnya menghafalkan satuan berat. Ternyata, satuan berat tidak susah untuk dihafalkan. Sahabat dapat mempelajari satuan berat denga simpel memakai beberapa metode. Sahabat dapat menggantikannya dengan memakai kosa kata yang tidak sama.
 Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang sangat menarikdanunik untuk dibahas Belajar Satuan Berat Matematika Paling Efektif
via soal-2000.blogspot.com
misal  satuan yang ingin dihafalkan mulai dari kg, hg, dag, g, dg, cg, mg. Maka sobat erat dapat menghafalkannya dengan:

  1. Kucing untuk kg
  2. Hitam untuk hg
  3. Di untuk dag
  4. Gang untuk gram
  5. Desi untuk dg
  6. Centil untuk cg
  7. Mondar mandir untuk mg

Jika dihafalkan menjadi Kucing hitam di gang desi centil mondar mandir. Bagaimana sobat dekat?? Lebih simpel untuk diingat dan dihafalkan bukan.

Bagaimanapun juga, satuan berat memang sangatlah penting untuk sobat erat ingat dan pelajari. Terlebih lagi, itu tiruana memang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana jikalau sobat erat sedang berbelanja namun tidak mengetahui satuan berat yang ada? Bisa jadi  sobat erat dapat ditipu. Oleh sebab itu, penting untuk mempelajarinya ya.

Itulah beberapa hal yang penting untuk dihafalkan dan dipelajari dalam pelajaran Matematika, khususnya dalam bahan satuan berat. Masih ada satuan lain yang nantinya akan dipelajari dalam Matematika. contohnya saja menyerupai satuan panjang, satuan luas, satuan volume, dan masih banyak lagi yang lainnya. Belajar bertahap dan nantinya sobat erat dapat menguasai banyak sekali satuan dalam Matematika. Semangat!!
close