Olimpiade Sains Nasional (Osn)

Olimpiade Sains Nasional (OSN) ialah salah satu aktivitas Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama,  Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan  mutu pendidikan. Selain  itu OSN ialah salah satu  strategi untuk menyebarkan wahana kompetisi bagi siswa tingkat SMP seluruh Indonesia dalam bidang IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS. Diharapkan melalui olimpiade  ini tercipta  pula atmosfer kompetisi secara sehat antar sekolah,  sehingga sekolah berlomba-lomba menyebarkan aktivitas peningkatan mutu pembelajaran dalam bidang IPA
(Biologi, Fisika), Matematika, dan ire.


Pengembangan aktivitas peningkatan mutu  pembelajaran IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS di sekolah sanggup terjadi alasannya yaitu harapan sekolah berprestasi pada ajang Olimpiade Sains Nasional dan diperlukan harapan  itu muncul secara alamiah. Keinginan secara alamiah  ini  dapat memotivasi pengembangan aktivitas peningkatan  mu tu   pembelajaran IPA (Biologi, Fisika),  Matematika, dan ire.

Memotivasi semacam ini  ialah motivasi intrinsik stake holders sekolah, sebagai modal yang sangat baik, alasannya yaitu dengan motivasi  intrinsik  pengembangan  program tersebut akan mendapat tunjangan yang baik dan pelaksanaan yang baik pula.
Sesudah Olimpiade Sains Nasional dilaksanakan tujuh  kali, banyak perkembangan yang sanggup diidentifikasi. Atmosfer kompetisi  sudah mulai terasa dan efek dari atmosfer  tersebut sudah sanggup diidentifikasi.

Banyak sekolah yang sudah termotivasi untuk mencoba rnengembangkan aktivitas  peningkatan mutu pembelajaran IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS dalam rangka mempersiapkan siswanya  untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional. Hal tersebut  dapat teridentifikasi dengan maraknya aktivitas pelatihan IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS di sekolah melalui
aneka macam taktik ibarat klub  sains, pelatihan siswa berbakat  sains, kerja  sama dengan perguruan tinggi tinggi, mengundang  tim  pengajar dari perguruan tinggi tinggi, partisipasi  aktif  sekolah  mengikuti kegiatan pelatihan jarak jauh yang diselenggarakan oleh aneka macam forum olimpiade dan lain-lain. Indikasi ini ialah efek kasatmata dari kegiatan olimpiade sains nasional yang sudah mulai tampak.


Fakta-fakta yang muncul  di  lapangan mengatakan bahwa    motivasi    intrinsik    sekolah    untuk    meningkatkan aktivitas peningkatan mutu pembelajaran IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS  semakin meningkat. Semangat ini  perlu didukung dengan mempersembahkan informasi-informasi yang sanggup memmenolong sekolah dalam rangka akselerasi aktivitas  peningkatan mutu pembelajaran IPA (Biologi, Fisika),  Matematika, dan IPS. Informasi tersebut yaitu berupa silabus Olimpiade Sains Nasional edisi kelima. Diharapkan revisi silabus Olimpiade Sains Nasional yang diterbitkan pada tahun 2012, sanggup lebih memperjelas
arah pelatihan IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS di sekolah
close