Keamanan Mekanis Dan Elektris Pada Pesawat Rumah Tangga



              Anda mungkin tertarik untuk mengerjakan pesawat dalam keadaan “jalan”, atau mentes pesawat dalam keadaan power “on”. Ini yaitu sesuatu yang Anda tak pernah bekerja secara aman. Jangan pernah bekerja dengan pesawat-pesawat yang sedang berjalan; tidakboleh pernah memasukkan tangan Anda atau alat Anda ke dalam pecahan yang bergerak, seperti, gear, sabuk, puli dan komponen berputar  lainnya. Jika Anda memasukkan daya (on) untuk men-cek kerja Anda sehabis pekerjaan perbaikan, tidakboleh menyentuh pesawat; hidupkan secara sederhana dan amatilah. Jika diharapkan pengaturan, matikan sumber sebelum Anda mengerjakannya.
            Ada satu hal yang lebih penting dari faktor keselamatan untuk mengngatkan kembali bahwa pesawat2 listrik sanggup membahayakan, dan Anda tak akan pernah mengijinkan diri Anda atau peralatan Anda berafiliasi pribadi dengan arus listrik. Anda harus extra hati2 kalau melaksanakan pekerjaan reparasi untuk pesawat yang memakai daya listrik. Sebelum Anda mulai bekerja dengan pesawat, cabutlah steker dari sumbernya. Jika itu tidak dilakukan, matikan sumber daya listrik ke pesawat dengan melepas sekering atau mentrip CB pada pgual utama di rumah Anda. Sesudah daya off, teslah pesawat untuk meyakinkan bahwa power off. Bahkan, teslah terminal2 motor, lampu-lampu indikator, atau komponen2 pesawat yang sanggup dites dengan tester tegangan. Jika menyala, pesawat masih terhubung, dan Anda harus menemukan sumber dan mematikannya sebelum proses berlanjut.
            Pesawat - pesawat besar sering memiliki rangkaian listrik yang terpisah dari pgual utama. Kasusnya yaitu bahwa pesawat-pesawat besar membutuhkan lebih banyak daya daripada sumber yang ada, sehingga sistem memisahkan fuse atau CB terkadang dilakukan juga untuk menangani kelebihan beban listrik ini. Jika ini ada, maka lakukan cek secara hati2 terhadap pgual pelengkap ini sebelum Anda beranggapan bahwa power sudah off.

Sistem Grounding (Pembumian/PE)
            Banyak pesawat stasioner (pencuci, pengering, kompor) dibumikan dengan kawat yang disambungkan ke pipa air hambar -- pipa air hambar itu membuat kontak bumi di luar rumah Anda, sehingga pembumian pesawat ialah rangkaian listrik yang tertutup dengan bumi. Putuskan kawat pembumi sebelum Anda kembali menghidupkan sumber.
            Banyak rumah2 kini yang dilengkapi dengan jaenteng listrik sistim 3-kawat. Kawat ke-3 yaitu piranti pembumian, dan operasi kerjanya sama dengan kawat pembumi pada pesawat stasioner. Pesawat2 besar memiliki steker dengan 2 ujung kontak dan sebuah kontak lidah, yang harus masuk  ke dalam kotak-kontak ber-PE, atau PE dengan steker khusus.

Perhatian: Jangan pernah mengangkat kontak pengecap (PE) dari steker 3-kawat untuk mengeluarkan kawat pembumi ; selalulah memakai adapter steker.

            Pembumi yang baik yaitu hal yang pokok untuk pesawat-pesawat yang berbodi logam. Jika isolasi kabel daya ke pesawat dibungkus dengan logam (seperti pencuci atau pengering) rusak, korelasi antara arus penghantar dan bingkai logam sanggup mengalirkan arus listrik ke seluruh pesawat -- keadaan ancaman ini hampir tidak terlihat. Jika ini terjadi, dan kalau pesawat dibumikan dengan baik, kelembaban juga sanggup menjadikan ancaman kejutan listrik. Jika Anda menyentuh bingkai logam bermuatan di tempat lembab, atau dikala menyentuh keran air atau radiator, arus sanggup secara tiba2, dan Anda sanggup terbunuh.
            Ada 3 hal yang sanggup Anda lakukan untuk menghindari ancaman ini. Pertama, yakinkan bahwa pesawat Anda dibumikan dengan baik. Kedua, yakinkan bahwa kabel pesawat dalam kondisi baik, tidak melepuh atau timbul bintik2 bergairah di seluruh pesawat. Ketiga, menambah pemutus rangkaian kesalahan pembumi (GFI atau GCFI = Ground-fault Circuit Interrupter) pada rangkaian atau ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker). ELCB yaitu piranti pemantau yang akan segera membuka rangkaian kalau arus bocor ke bumi terjadi; ini disyaratkan oleh NEC (National Electric Code) pada tiruana KK (kotak-kontak) di luar gedung untuk 15 - 20A, dan untuk instalasi kamar mandi, dimana kelembaban sudah menjadi masalah yang umum. Anda sanggup memasang ELCB di rumah Anda, dan sanggup anda peroleh di suplier-suplier listrik.
close