Resep Kacang Sembunyi Makassar Yang Yummy Dan Murah

Suka kudapan dari kacang tanah, tapi sudah bosan dengan kudapan yang itu itu saja?. Penggemar kudapan kacang tanah wajib tahu resep kacang sembunyi Makassar ini yang hadirnya jauh dari Provinsi Sulawesi Selatan. Mengapa didiberi nama kacang sembunyi? sebab campuran tepung menyembunyikan kacang tanah dengan baik. Camilan ini rasanya renyah dan manis, simpel sekali dibentuk dengan campuran yang tidak rumit. Membuat kudapan ini tidak menghabiskan banyak waktu, cocok untuk mengisi waktu senggang ketika Anda ingin makan kudapan kacang yang renyah. Nikmati kerenyahan kudapan khas Makassar ini di rumah dengan mengaplikasikan resep simpel ini:


 tapi sudah bosan dengan kudapan yang itu itu saja Resep Kacang Sembunyi Makassar yang Enak dan Murah


Bahan:

Untuk membuat kacang sembunyi Makassar yang gurih, cantik dan lezat. Siapkanlah bahan-bahan pilihan yang kualitasnya terbaik, kacang yang Anda gunakan harus berkarakter.
•    Siapkan 200 gram tepung terigu, pilih yang berprotein sedang
•    Siapkan 1 sendok makan margarin kemudian gerahkan hingga meleleh dan mendidih
•    Siapkan ¼ sendok teh garam
•    Siapkan air secukupnya hingga campuran menjadi kalis, kurang lebih 75 ml
•    Siapkan 50 gram kacang tanah
•    Siapkan gula pasir secukupnya
•    Dan terakhir siapkan minyak sayur untuk menggoreng

Teknik Membuat:

Sesudah tiruana bahan-bahan untuk membuat kacang sembunyi Makassar selesai disiapkan, kacangnya sudah dimembersihkankan dan dikupas dari kulitnya, maka Anda dapat memulai resepnya segera.
1.    Pertama, campurkan tepung terigu dengan garam dan aduk hingga menjadi rata.
2.    Turunkanlah margarin yang masih gerah dan menambahkan pada campuran tepung terigu dan garam, aduk-aduk
3.    Step ketiga membuat kacang sembunyi Makassar yaitu dengan menambahkan air perlahan demi perlahan sambil terus menguleni adonannya hingga menjadi kalis.
4.    Giling tipis dengan menggunakan gilingan mie pilih nomor yang terkecil, kemudian potong menggunakan cutter yang berbentuk segiempat, tidak perlu yang benar-benar berbentuk kotak, potong saja seukuran 2x2cm
5.    Berikan isian kacang tanah tepat di belahan sudut bawah tengah, lakukan terus hingga tiruana campuran tepung terisi dengan kacang
6.    Kacang sembunyi Makassar akan menjadi enak ketika Anda menggoreng adonannya. Maka dari itu, gerahkanlah minyak sayur dengan api yang sedang, kemudian masukkan 2 sendok makan gula pasir dan aduk merata hingga warnanya menjelma kuning kecokletakan, jaga minyaknya biar tidak menjadi gosong. Masukkanlah setengah campuran kacang sembunyi pada minyak gerah dan aduk cepat sehingga adonannya tidak melekat serta balutan gulanya menyatu dengan campuran kacang sembunyi.
7.    Goreng campuran kacang sembunyi Makassar dengan menggunakan api sedang hingga menjadi renyah dan kacang di belahan dalamnya matang sempurna. Sesudah matang, angkat dan tiriskan, goreng terus hingga tiruana adonannya habis tak bersisa lagi.
8.    Selagi masih gerah, aduk kacang sembunyi goreng khas Makassar ini dengan sendok, pisahkan kacang sembunyi sehingga tidak saling menempel
9.    Sesudah kudapan kacangnya dingin, simpan di dalam toples yang kedap udara untuk dinikmati kini atau nanti bersama anggota keluarga lainnya.

Variasi kudapan dari kacang ini, tidak spesialuntuk dapat dinikmati dalam hari-hari biasa saja, Anda pun dapat membuat dan menikmatinya ketika hari raya lebaran nanti. Semoga resep dari kacang sembunyi Makassar ini dapat memmenolong Anda membuat variasi kudapan yang terbuat dari materi dasar kacang tanah yang gurih dan enak ketika dinikmati. Ayo coba kini juga, dijamin Anda niscaya akan merasa ketagihan, sebab selain lezat, kudapan ini juga murah meriah.



Sumber :
hesti-myworkofart.blogspot.com
close