6 Rekomendasi Makanan Khas Makassar Jempolan

Sesudah puas mengelilingi sebagian besar kota Makassar, menjelajahi tempat-tempat rekreasi pilihan yang direkomendasikan masyarakat Makassar dan para treveler, badan tentu terasa lelah dan kelaparan. Ketika badan merasa lapar, tidakboleh lupa untuk mengunjungi aneka macam restoran, kedai makan bahkan jajanan pinggir jalan yang menjual masakan khas Makassar. Lalu apa saja masakan yang menjadi ciri khas dari kota Makassar? diberikut ini daftar masakan khas dari kota Makassar yang paling direkomendasikan oleh masyarakat Makassar:

 Sesudah puas mengelilingi sebagian besar kota Makassar 6 Rekomendasi Makanan Khas Makassar Jempolan


Coto Makassar
Siapa yang belum pernah mendengar nama masakan ini? masakan khas Kota Makassar yang sekarang dapat dijumpai di hampir seluruh kota di Indonesia. Penggemar daging tentu dihentikan melewatkan masakan khas dari Makassar yang satu ini yang lezatnya bila dinikmati sebagai makan siang atau santap malam. Bila Anda berlibur ke Makassar, tidakboleh lupa untuk merasakan Coto Makassar yang rasanya nendang di pengecap ini.

Sop Saudara
Ada satu lagi masakan khas Makassar yang cocok bila dinikmati sebagai sajian makan siang dan makam malam. Makanan ini yaitu masakan khas dari Kabupaten Pangkep, SulSel, yang dapat ditemukan dengan cukup praktis di Kota Makassar. Sop Saudara dibuat dari materi dasar daging sapi, dengan gabungan bihun, kentang goreng yang dibuat menjadi bola kecil, paru sapi goreng. Sop Saudara biasanya disajikan bersama nasi putih, telur rebus serta ikan bakar sebagai suplemen lauknya. Agar rasa sop lebih nendang, tidakboleh lup untuk menambahkan irisan mentimun dan sambal kacang.

Sop Konro
Merupakan salah satu masakan khas Makassar dan Bugis yang dibuat dari daging dan iga sapi. Daging sapinya direbus dengan rempah, menyerupai asam jawa, kayu cantik serta bumbu lainnya. Sedangkan bumbunya ditumis gres dimasukkan kedalam rebusan iga sapi. Sop Konro mempunyai ciri khas warna petang dari buah kluwak hitam. Anda yang suka makan daging dengan cita rasa rempah yang kuat, dapat mencoba Sop Konro di Makassar. Ada juga variasi sajian Konro Bakar, yakni iga sapi yang dibakar dengan bumbu enak khas Konro.

Barongko
Makanan khas Makassar yang cocok dinikmati sebagai hidangan epilog yaitu Barongko. Makanan khas Bugis dan Makassar ini dibuat dari pisang yang dihaluskan kemudian dicampurkan dengan gula, garam, telur, susu bubuk dan dibungkus memakai daun pisang. Makanan ini mempunyai aroma yang sangat menggoda, cocok untuk mitra minum kopi.

Pisang Epe
Makanan khas Makassar masih terbuat dari buah pisang, pisang yang dipakai yaitu pisang kapok yang setengah mengkal yang dibakar di bara api kemudian dibolak-balik hingga menjadi lembek dan aroma harumnya keluar, pisang diangkat, kemudian ditekan hingga pipih dan dibakar lagi untuk kedua kalinya. Untuk toppingnya, biasanya memakai gula merah dengan gabungan air daun pandan dan garam atau buah durian yang direbus hingga mengental gres disiramkan keatas pisang. Pisang Epe ini dapat jadi kudapan sore hari yang sempurna bersama kopi atau susu.

Gogoso
Makanan khas Makassar yang paling disukai oleh masyarakat Sulawesi Selatan dan seringkali dibuat dikala hari raya Idul Fitri. Gogoso ini paling nikmat bila disajikan dan disantap bersama telur asin.
Ada banyak sekali masakan enak di Makassar namun tidakboleh hingga Anda lupa untuk merasakan masakan khas Makassar yang sudah menjadi identitas dari kota tersebut. Sebagian kecil masakan khas dari kota Makassar sudah disebutkan di atas, silahkan coba dicicipi dikala Anda berlibur ke Sulawesi Selatan, Makassar.
close