Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus Lengkap Dengan Rumus Dan Pola Soal

Luas permukaan sebuah benda ialah jumlah luas dari tiruana sisi permukaan benda itu sendiri. Saat kita mencari luas permukaan kubus kita juga akan mencari jumlah luas dari tiruana sisi permukaan kubus.  Jumlah sisi kubus sendiri ada enam dan sebangun atau sama ukurannya.

 Luas permukaan sebuah benda ialah jumlah luas dari tiruana sisi permukaan benda itu sendir Teknik Menghitung Luas Permukaan Kubus Lengkap dengan Rumus dan misal Soal
Sehingga untuk memenghitung luas permukaan kubus kita spesialuntuk perlu mencari luas permukaan dari salah satu sisi kubus kemudian mengalikan dengan enam. Yang perlu engkau ketahui permukaan kubus berbentuk persegi atau bujur sangkar. Yang mempunyai rumus luas Sisi x Sisi.

Maka kita akan menerima rumus luas permukaan kubus sebagai diberikut :
 Luas permukaan sebuah benda ialah jumlah luas dari tiruana sisi permukaan benda itu sendir Teknik Menghitung Luas Permukaan Kubus Lengkap dengan Rumus dan misal Soal


Rumus mencari Luas Permukaan Kubus : L = 6 x SxS 

misal Teknik Menghitung Luas Permukaan Kubus


1. Teknik Mencari Luas Permukaan Kubus Jika Hanya Panjang Satu Sisi yang Diketahui


Kita perlu memahami terlebih lampau kalau luas permukaan kubus terdiri dari luas keenam permukaan kubus. Karena tiruana permukaan kubus sebangun, kita sanggup mencari luas area satu permukaan dan mengalikan dengan 6 untuk memperoleh jumlah total luas permukaan. Luas permukaan sanggup ditemukan dengan menggunakan rumus sederhana: 6xS², "s" ialah sisi kubus.

misal Soal 1:
Sebuah kotak plastik berbentuk kubus mempunyai panjang sisi permukaan 20 cm. Hitung berapa luas permukaan kubus tersebut. (Petunjuk: luas permukaan kubus = 6xSxS).
Jawab:
Diketahui: S = 20 cm
Luas permukaan kubus = 6 x 20 x 20 = 2.400 cm².

misal Soal 2:
Pak Bambang mempunyai sebuah kotak kayu yang berbentuk kubus yang rencananya akan dicat seluruh permukaannya. Permukaan kotak kayu Pak Bambang tersebut mempunyai panjang sisi 2 meter. Hitung berapa meter persegi luas permukaan kotak yang akan dicat oleh Pak Bambang. (Petunjuk: luas permukaan kubus = 6xSxS).
Jawab:
Diketahui: S = 2 m
Luas permukaan peti kayu = 6 x 2 x 2 = 24 m².

2. Teknik Mencari Luas Permukaan Kubus Jika Hanya Volume Kubus Yang Diketahui


Teknik menghitung luas permukaan kubus kalau diketahui volumenya ialah Carilah akar pangkat tiga dari volume kubus tersebut. Nah mencari berapa akar pangkat tiga dari volume kubus, engkau cukup mencari angka yang sanggup diakar-pangkatkan tiga atau gampangnya menggunakan kalkulator.

Hasil dari akar pangkat tiga tidak selalu dalam bilangan bulat. Untuk teladan kita menggunakan 512 ialah sebuah pangkat tiga, dan akar pangkat tiganya ialah 8, alasannya ialah 8x8x8 = 512. Jadi, "s" atau salah satu panjang sisi kubus, ialah 8.

Nah alasannya ialah panjang salah satu sisi kubus sudah engkau ketahui, Sekarang masukkan ke dalam rumus untuk mencari luas permukaan kubus: 6 x s². Karena panjang satu sisi ialah 8 cm, cukup masukkan ke dalam rumus menyerupai ini: 6 x (8²).

Maka dalam hitungan matematika, 6 x 8² = 6 x (8x8) = 384 cm².

Jika dalam soal metematika maka klarifikasi lengkapnya sebagai diberikut.

Soal:
Hitunglah luas permukaan kubus kalau diketahui volume sebuah kubus ialah 512cm³.
Jawab:
Volume = s³ = 512 cm³
s = ∛512
= 8cm
Luas permukaan = 6 x s x s
= 6 x 8 x 8
=  384 cm²

Baca Juga:
Luas Permukaan Tabung
Luas Permukaan Balok
Luas Permukaan Kerucut
Luas Permukaan Bola
Luas Permukaan Limas segi empat
Luas Permukaan Limas Segitiga

Demikian pembahasan lengkap terkena Teknik Menghitung Luas Permukaan Kubus, agar sanggup memmenolong engkau tiruana. Jangan Lupa Like dan Share ya.
close