1 Liter Berapa Kg? Berikut Tanggapan Dan Penjelasannya

Orang-orang sering menanyakan 1 liter berapa kg, tidak jarang juga belum dewasa menanyakannya alasannya ialah bekerjasama dengan pelajaran matematika. Jika Anda sedang mencari jawabanan atas pertanyaan tersebut, silahkan Anda simak pembahasan dibawah ini. Pembahasan akan dimulai dari definisi masing-masing satuan bemasukan, sehingga Anda akan memahaminya dengan gampang.

Definisi Liter

Liter ialah satuan volume. Meski bukan Satuan Internasional atau SI, namun liter ialah satuan volume yang terkenal dan banyak digunakan. Di Indonesia sendiri, orang-orang lebih suka memakai satuan liter.

Simbol resmi liter ialah l (huruf L kecil), namun beberapa literature terkenal justru memakai abjad L (L kapital). Satuan volume termasuk liter secara internasional ialah turunan dari satuan panjang. Satuan dasar volume ialah meter kubik atau biasa ditulis dengan m3 sebagai satuan internasional. misal satuan volume lainnya ialah centimeter kubik (cm3) dan desimeter kubik (dm3).

Nah, alasannya ialah sudah mengetahui dasar-dasar volume serta liter, maka kita hingga pada pembahasan khusus liter. Satuan ini penting dipelajari sebelum menjawaban satu liter berapa kg. Dalam satuan internasional, liter ditulis sebagai dm3. Sehingga sederhananya, 1 liter ialah 1 dm3.

Satuan Kg

Berbeda dengan satuan liter, satuan kg ialah satuan untuk mendefinisikan massa atau berat. Kg ialah satuan resmi atau ialah satuan internasional untuk massa. Satuan ini ialah turunan dari satuan dasar untuk berat, yaitu gram.

misal beberapa satuan massa selain kg ialah g (gram), decagram (dag) serta hectogram (hg). Berikut contohnya.

1 kg = 1000 g
1 kg = 100 dag
1 kg = 10 hg. Hg biasa dikenal dengan nama ons.

Menghitung 

Untuk memulai perhitungan, kita perlu mengetahui satu hal yang penting. Hal tersebut ialah massa jenis atau densitas. Mengapa perlu mengulas massa jenis? Tentu saja alasannya ialah satuan volume tidak sanggup diubah ke satuan berat secara langsung. Ini alasannya ialah keduanya memang tidak sama.

Nah, massa jenis tidak sama dengan massa. Massa jenis ini yang akan memmenolong kita dalam memecahkan duduk perkara 1 liter berapa kg.

Rumus dari kekerabatan massa jenis, massa dan volume ialah sebagai diberikut:

Massa Jenis = Massa/Volume

Jika suatu benda mempunyai massa m dan volume V, dan massa jenisnya (ρ) maka rumusnya sebagai diberikut :

ρ=m/v

Satuan massa jenis ialah (satuan massa)/(satuan volume) contohnya kilogram/liter, gram/cc, kilogram/m3, dsb.

anak menanyakannya alasannya ialah bekerjasama dengan pelajaran matematika 1 Liter Berapa kg? Berikut Jawaban dan Penjelasannya


Konversi liter (L) ke kilogram (kg)


Sesudah kita mengetahui rumus massa jenis di atas, maka kita sanggup mencari rumus untuk mengkonversi bemasukan volume ke massa. Maka rumusnya ialah :

Massa = Massa Jenis x Volume

m=ρ.v
dimana :
m = massa
v = volume
ρ = massa jenis

Maka untuk menghitung pertanyaan diatas, kita akan memakai ini.

misal Teknik Menghitung Berat Benda Jika Diketahui Volume dan Massa Jenisnya


Untuk mencoba mengkonversikan liter ke kilogram dari  pertanyaan tersebut, kita akan memakai air sebagai objeknya. Sebagai teladan air mempunyai massa jenis 1kg/liter. Maka massa atau berat air sebanyak 1 liter sanggup dihitung sebagai diberikut:

m=ρ.v = 1 kg/L x 1 L = 1 kg.

Hal tersebut akan beda lagi jikalau kita memakai alumunium sebagai objeknya. Sebagai contoh, alumunium diketahui mempunyai massa jenis 2, 712 kg/liter dengan volume 0,5 liter. Maka penghitungannya ialah sebagai diberikut.

m=ρ.v= 2,712 kg/liter x 0,5 liter = 1, 356 kg.

Berdasarkan hal tersebut, ternyata ada faktor lain yang menjadi pembeda hasil konversi dari liter ke kg. Tanpa faktor tersebut, maka konversi tidak akan pernah sanggup dilakukan. Untuk itu, perlunya memahami setiap rumus yang diajarkan biar paham untuk menuntaskan duduk perkara menyerupai ini.

Kesimpulannya, setiap benda akan mempunyai berat yang tidak sama meski volumenya sama alasannya ialah adanya perbedaan massa jenis. Jika Anda ingin selalu menjawaban pertanyaan 1 liter berapa kg dengan benar, maka Anda perlu melatih diri sesering mungkin.[]
close